Kami anak PRAMUKA, asli INDONESIA

Salam Pramuka!

Gambar

Lambang Dewan Ambalan SMA Negeri 7 Yogyakarta

Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan salam yang satu ini. Yak, betul sekali! Itu adalah salam yang biasa diucapkan oleh para anggota pramuka kepada anggota lainnya. Nah.., berhubung edisi kali ini bertemakan “Karya anak Indonesia”, maka kita akan membahas ekskul di SMA Negeri 7 tercinta yang nggak begitu jauh dari “anak bangsa”. Penasaran? Let’s check it out!

PRAMUKA. Tentunya ekstrakurikuler ini sudah tidak asing lagi di telinga kita, berhubung sudah diperkenalkan sejak kita masih SD. Tapi di Smaven, kegiatan pramuka tergolong masih sangat muda, lho. Begini kurang-lebih ceritanya:

Konon pada zaman dahulu kala, sempat ada kegiatan pramuka di SMAN 7 (kata pak Ridwan dkk), tapi kemudian peradaban mereka musnah akibat tidak adanya para anggota.  Namun, sampai sekarang ini, kami mengaku belum pernah menemukan sama sekali sisa-sisa keberadaan mereka ataupun puing-puing peradabannya.

Hingga akhirnya, pada suatu hari kegiatan ini kembali diadakan, dan resmi menjadi ekskul wajib para siswa kelas 10 sejak tahun lalu, akibat adanya peraturan diknas yang mewajibkan adanya kegiatan pramuka di sekolah-sekolah. (hahaha..! :D)

Berhubungan dengan hal itu, maka dibuatlah ambalan bagi siswa Smaven tercinta, dengan gugus depan 1133 & 1134. Dan tak lama kemudian, terpilihlah Pangeran Diponegoro beserta istrinya Ratnaningsih sebagai maskotnya. Pelantikan para Dewan Ambalannya (DA), dilaksanakan pada tanggal 16 Juli kemarin, dengan anggota 9 putra dan 7 putri. Untuk ambalan putra (Diponegoro), saat ini di ketuai oleh Raden Zulchan Syafrudin (XI IS 2) dan dibimbing oleh kak Anwari dan kak Heru, sedang ambalan putri (Ratnaningsih) diketuai oleh Ellen Widyastuti (XI IA 5) dan dibimbing oleh kak Tanti dan mbak Dewi (UKS).

Tanda Gudep

Tapi yang sangat disayangkan dari pramuka saat ini adalah peminatnya yang kian lama makin sedikit. Mengenaskan! Padahal kalau diperhatikan, bisa dibilang pramuka merupakan rangkuman dari hampir semua ekskul (Eng: all in one). Contoh: seperti materi P3K, LBB, kesenian, keagamaan, pecinta alam, olah raga, bahkan sampai IT dan kebudayaan sering diikutkan dalam lomba kepramukaan. Dan asal tau saja, pramuka juga merupakan SATU-SATUNYA ekstrakurikuler yang semua kegiatannya diatur dalam Undang-Undang. Tepatnya UU no. 12 tahun 2010! Wuih.., keren gak tuh?

Manfaat ikut ekskul ini pun segudang banyaknya. Selain, yah, menambah wawasan & keterampilan, pramuka juga bisa menambah rasa PD mu, melatih kekompakan, sampai kepemimpinan dan berorganisasi, tapi berorganisasi di sini maksudnya: kitalah yang nantinya bakal kerja, mengatur, plus melaksanakan segala kegiatannya, sementara para pembina hanya akan menjadi pengawas. Karena salah satu motto penegak adalah: “Dari Penegak, Untuk Penegak, & Oleh Penegak !”.

Oiya, kegiatan pramuka di sini juga nggak kalah seru sama ekskul lainnya, dan kebanyakan dilakukan di luar ruangan. Sebagian kegiatannya yaitu: ujian SKU Bantara-Laksana, perkemahan, pelantikan Bantara-Laksana, pelantikan DA (Dewan Ambalan), OTA (Orientasi Tamu Ambalan), dan masih banyak lagi. Buat perkemahannya sendiri, kadang Pramuka Smaven diundang untuk mengikuti acara perkemahan di luar. Seperti perkemahan pengenalan SAKA yang diadakan oleh kwarcab pada bulan Juni 2012 kemarin. Di sana kita dikenalkan dengan satuan-satuan karya (SAKA) yang ada, dan bisa memilih menjadi anggota salah satunya yang sesuai dengan minat-bakat kita. Selain itu, lewat pramuka kita juga bisa berkenalan dengan ratusan bahkan ribuan anggota pramuka sekolah lainnya.

Ada yang berminat? Pastinya banyak dong….. nah, langsung saja ikuti latihan rutinnya setiap hari Sabtu, pukul 15.30 sampai 17.00 di SMA Negeri 7 Yogyakarta kita tercinta ini.

Salam Pramuka! (Hang)

Categories: Pramuka | 3 Komentar

Navigasi pos

3 thoughts on “Kami anak PRAMUKA, asli INDONESIA

  1. waaaahh, bagus mas hang aku suka😀
    Fotonya mas hang ya keren😀

  2. hehehehe,, okeoke mas hang😀
    Good luck ya mas hang🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: